STMIK ICHSAN GORONTALO
Campus Of Information And Technology
V I S I :
Terwujudnya Perguruan Tinggi Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional 2030 Di Bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi

Arsip Berita

Link Terkait

Download
AGENDA KAMPUS
Pertemuan Wakil ketua I dengan Seluruh Ketua Tingkat Reguler dan Karyawan

Di Informasikan kepada seluruh ketua tingkat reguler dan karyawan STMIK Ichsan Gorontalo Tahun Ajaran 2016/2017 genap, agar berkupul pada hari sabtu tanggal 15 april 20217, pukul 11.00 WITA, Bertempat di ruangan B1 STMIK Ichsan Gorontalo. Terima kasih.


Recent Agenda

  1. Teknikal Meeting untuk peserta Lomba final Battle Coding

    Di informasikaan kepada mahasiswa yang masuk dalam final lomba battle coding, bahwa tekhnikal meeting akan di laksanakan pada hari rabu, tanggal  8 Maret 2017. bagi peserta yang tidak ikut tekhnikal meeting diskualifikasi.

  2. Mahasiswa Bidikmisi

    Di Informasikan kepada mahasiswa BIDIK MISI semester 2, 4, 6, dan 8, berkumpul pada hari sabtu, tanggal 4 Maret 2017, oukul 09.00. WITA. bertempat di Aula STMIK Lt.1. 


Sistem Informasi Geografis untuk Pariwisata Berbasis Web (Geografis Information System for Web Based Tourism)
Kategori Jurnal   MULIATI BADARUDDIN, S.Kom, MT   418 kali

Abstrak

MULIATI BADARUDDIN, S.Kom, MT

Penelitian ini bertujuan (1) mendesain dan menghasilkan sistem informasi geografis untuk paiwisata yang mampu membantu turis/pengunjung untuk mendapatkan informasi geografis tentang objek pariwisata yang ada di kota Makassar (2) mendesain sistem infomasi yang bersifat on-line agar turis dapat mengakses informasi dimanapun walaupun tanpa harus berkunjung ke Dinas Pariwisata.

Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar. Metode  analisis sistem yang digunakan adalah metode SDLC (system Development Life Cycle) dengan tahapan yaitu perencanaan sistem (system planning), analisis sistem (system analysis), desain sistem (system design), seleksi sistem (system selection), implementasi sistem (system implementation). Pengujian sistem menggunakan metode test case dengan pendekatan white box testing.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi geografis dapat di desain menggunakan software ArcGis, ArcInfo, dan pendukung citra yaitu Google Earth mengasilkan map objek wisata di kota Makassar, serta pemrograman PHP yang memungkinkan hasil output yang telah di desain dimasukkan kedalam bentuk web yang dapat di online-kan. Hal ini memungkinkan user yang menggunakannya dapat mendapatkan informasi geografis tentang objek wisata kota Makassar tanpa harus berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Pariwisata, ArcGis, PHP
Jurnal AKTUALITA
2011/III/4/2085-3505