STMIK ICHSAN GORONTALO
Campus Information And Technology
V I S I :
Terwujudnya Perguruan Tinggi Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional 2030 Di Bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi

AGENDA KAMPUS
Batas Pembayaran SPP dan Administrasi UAS

Di informasikan kepada seluruh mahasiswa bahwa batas pembayaran SPP Semester Ganjil 2021 dan pembayaran Administrasi UAS Semester Genap 2020 sampai tanggal 15 Juni 2020 dan hal ini digunakan sebagai syarat akan diprosesnya nilai UAS ke bagian akademik. Untuk no.rekening transfer dan cara bayar masih mengikuti panduan yang telah beredar sebelumnya. Terima kasih




Arsip Berita

Download

Template

Sertifikat Akreditasi
Penerapan Sms Gateway Untuk Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Umum Dan Spesialis
Kategori Jurnal   IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM   739 kali

Abstrak

IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pelayanan kesehatan yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Peningkatan pelayanan kesehatan yang baik seharusnya tidak berhenti sampai pada pembanguan infrastruktur yang baik, atau hanya sampai pada pemeriksaan atau diganosis dokter terhadap pasiennya. Akan tetapi pelayan kesehatan yang baik juga terletak pada tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Kasus tidak efektifnya pelayan kesehatan banyak terjadi di masyarakat, mulai dari lambatnya pelayanan rumah sakit, mal praktek, sampai pada masalah yang paling banyak di temukan  dan sering terjadi yaitu proses antrian yang harus dilakukan oleh calon pasien yang akan berobat ke dokter umum atau spesialis.

Penerapan model pengambilan nomor antrian berbasis sistem informasi dan SMS Gateway dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan karena pasien yang sedang sakit tidak harus datang dan menganti, melainkan cukup dengan mengirim SMS dengan format yang telah ditentukan dan sistem akan membalas SMS tersebut secara otomatis. SMS yang dikirimkan oleh sistem berisi nomor antrian dan estimasi perkiraan waktu pada pukul berapa pasien harus ke dokter.

Dari hasil pengujian menggunakan White Box diperoleh hasil V(G) = 4 dan Cyclometic Complexity (CC)  = 4 untuk modul pengambilan nomor antrian secara otomatis dengan menggunakan SMS. Ini membuktikan bahwa alur sistem yang dibuat dapat berjalan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Information System, System Design, SMS Gateway
Jurnal ILKOM Universitas Muslim Indonesia
2013/ Vol.5/ No.2/ 2087-1716