STMIK ICHSAN GORONTALO
Campus Information And Technology
V I S I :
Terwujudnya Perguruan Tinggi Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional 2030 Di Bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi


POJOK MABA

TANGGAL PENTING
  • Jadwal Pendftaran MABA 2019/2020 Gel. I (1 Mei - 15 Juli 2019)
  • Ujian TPA dan Wawancara Gel. I (16 Juli 2019)
  • Pengumuman hasil ujian Gel. I (17 Juli 2019)
  • Jadwal Pendftaran MABA 2019/2020 Gel. II (17 Juli - 13 Agustus 2019)
  • Ujian TPA dan Wawancara Gel. II (15 Agustus 2019)
  • Pengumuman hasil ujian Gel. II (15 Agustus 2019)
  • Jadwal Pendftaran MABA 2019/2020 Gel. III (15 - 23 Agustus 2019)
  • Ujian TPA dan Wawancara Gel. III (24 Agustus 2019)
  • Pengumuman hasil ujian Gel. III (24 Agustus 2019)
  • Jadwal ETIKA (26 - 30 Agustus 2019)
  • Pengurusan KRS Mahasiswa Baru (31 Agustus 2019)
  • Kuliah Perdana Senin, 2 September 2019
AGENDA KAMPUS
Jadwal MID Semester 2019

Informasi kepada mahasiswa bahwa jadwal pelaksanaan MID Semester untuk GANJIL 2019/2020  dilaksanakan pada hari Senin, 21 Oktober 2019. Terima Kasih.




Arsip Berita

Download

Template
Penerapan Sms Gateway Untuk Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Umum Dan Spesialis
Kategori Jurnal   IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM   703 kali

Abstrak

IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pelayanan kesehatan yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Peningkatan pelayanan kesehatan yang baik seharusnya tidak berhenti sampai pada pembanguan infrastruktur yang baik, atau hanya sampai pada pemeriksaan atau diganosis dokter terhadap pasiennya. Akan tetapi pelayan kesehatan yang baik juga terletak pada tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Kasus tidak efektifnya pelayan kesehatan banyak terjadi di masyarakat, mulai dari lambatnya pelayanan rumah sakit, mal praktek, sampai pada masalah yang paling banyak di temukan  dan sering terjadi yaitu proses antrian yang harus dilakukan oleh calon pasien yang akan berobat ke dokter umum atau spesialis.

Penerapan model pengambilan nomor antrian berbasis sistem informasi dan SMS Gateway dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan karena pasien yang sedang sakit tidak harus datang dan menganti, melainkan cukup dengan mengirim SMS dengan format yang telah ditentukan dan sistem akan membalas SMS tersebut secara otomatis. SMS yang dikirimkan oleh sistem berisi nomor antrian dan estimasi perkiraan waktu pada pukul berapa pasien harus ke dokter.

Dari hasil pengujian menggunakan White Box diperoleh hasil V(G) = 4 dan Cyclometic Complexity (CC)  = 4 untuk modul pengambilan nomor antrian secara otomatis dengan menggunakan SMS. Ini membuktikan bahwa alur sistem yang dibuat dapat berjalan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Information System, System Design, SMS Gateway
Jurnal ILKOM Universitas Muslim Indonesia
2013/ Vol.5/ No.2/ 2087-1716