STMIK ICHSAN GORONTALO
Campus Of Information And Technology
V I S I :
Terwujudnya Perguruan Tinggi Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional 2030 Di Bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi

Arsip Berita

Link Terkait

Download
AGENDA KAMPUS
Pertemuan Wakil ketua I dengan Seluruh Ketua Tingkat Reguler dan Karyawan

Di Informasikan kepada seluruh ketua tingkat reguler dan karyawan STMIK Ichsan Gorontalo Tahun Ajaran 2016/2017 genap, agar berkupul pada hari sabtu tanggal 15 april 20217, pukul 11.00 WITA, Bertempat di ruangan B1 STMIK Ichsan Gorontalo. Terima kasih.


Recent Agenda

  1. Teknikal Meeting untuk peserta Lomba final Battle Coding

    Di informasikaan kepada mahasiswa yang masuk dalam final lomba battle coding, bahwa tekhnikal meeting akan di laksanakan pada hari rabu, tanggal  8 Maret 2017. bagi peserta yang tidak ikut tekhnikal meeting diskualifikasi.

  2. Mahasiswa Bidikmisi

    Di Informasikan kepada mahasiswa BIDIK MISI semester 2, 4, 6, dan 8, berkumpul pada hari sabtu, tanggal 4 Maret 2017, oukul 09.00. WITA. bertempat di Aula STMIK Lt.1. 


Penerapan Sms Gateway Untuk Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Umum Dan Spesialis
Kategori Jurnal   IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM   612 kali

Abstrak

IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pelayanan kesehatan yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Peningkatan pelayanan kesehatan yang baik seharusnya tidak berhenti sampai pada pembanguan infrastruktur yang baik, atau hanya sampai pada pemeriksaan atau diganosis dokter terhadap pasiennya. Akan tetapi pelayan kesehatan yang baik juga terletak pada tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Kasus tidak efektifnya pelayan kesehatan banyak terjadi di masyarakat, mulai dari lambatnya pelayanan rumah sakit, mal praktek, sampai pada masalah yang paling banyak di temukan  dan sering terjadi yaitu proses antrian yang harus dilakukan oleh calon pasien yang akan berobat ke dokter umum atau spesialis.

Penerapan model pengambilan nomor antrian berbasis sistem informasi dan SMS Gateway dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan karena pasien yang sedang sakit tidak harus datang dan menganti, melainkan cukup dengan mengirim SMS dengan format yang telah ditentukan dan sistem akan membalas SMS tersebut secara otomatis. SMS yang dikirimkan oleh sistem berisi nomor antrian dan estimasi perkiraan waktu pada pukul berapa pasien harus ke dokter.

Dari hasil pengujian menggunakan White Box diperoleh hasil V(G) = 4 dan Cyclometic Complexity (CC)  = 4 untuk modul pengambilan nomor antrian secara otomatis dengan menggunakan SMS. Ini membuktikan bahwa alur sistem yang dibuat dapat berjalan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Information System, System Design, SMS Gateway
Jurnal ILKOM Universitas Muslim Indonesia
2013/ Vol.5/ No.2/ 2087-1716