STMIK ICHSAN GORONTALO
Campus Information And Technology
V I S I :
Terwujudnya Perguruan Tinggi Berkualitas, Berkarakter dan Berdaya Saing Nasional 2030 Di Bidang Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi

Arsip Berita

Link Terkait

Download

Template
AGENDA KAMPUS
Sosialisasi Pengajuan Judul dan Cara Menulis Penelitian yang Baik

Informasi kepada seluruh mahasiswa yang sedang memprogramkan Usulan penelitian/ tugas akhir/ proposal/ skripsi untuk dapat menghadiri Sosialisasi Pengajuan Judul dan Cara Menulis Penelitian yang Baik yang akan dilaksankan pada hari Sabtu, 19 Januari 2019, Pukul 08.30, Lt. 1 Aula Fisip STMIK Ichsan Gorontalo. Mahasiswa diharapkan untuk membawa Laptop masing - masing.


Recent Agenda

  1. Jadwal Kuliah Perdana

    Disampaikan kepada seluruh mahasiswa bahwa Kuliah perdana untuk SEMESTER GENAP 2018/2019 akan dimulai pada hari SENIN, 07 Januari 2019.

  2. Ujian Akhir Semester 2018/2019 Ganjil

    Di Informasikan Kepada Mahasiswa STMIK Ichsan Gorontalo, Bahwa Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Tahun Akademik 2018/2019 Ganjil, Akan di laksanakan pada hari Senin Tanggal 17 Desember Sampai Pada Hari Sabtu 22 Desember 2018.
    Persyaratan Ujian Akhir Semester :
    1. Memiliki Matakuliah pada Tahun Akademik 2018/2019 Ganjil.
    2. Telah Melakukan Pembayaran SPP Tahun Akademik 2018/2019 Genap.
    3. Telah Melunasi Pembayaran Gedung.
    4. Membayar Adminstrasi Ujian Akhir Semester Gan


Penerapan Sms Gateway Untuk Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Umum Dan Spesialis
Kategori Jurnal   IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM   656 kali

Abstrak

IFRIANDI LABOLO, S. KOM, M. KOM

Pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pelayanan kesehatan yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Peningkatan pelayanan kesehatan yang baik seharusnya tidak berhenti sampai pada pembanguan infrastruktur yang baik, atau hanya sampai pada pemeriksaan atau diganosis dokter terhadap pasiennya. Akan tetapi pelayan kesehatan yang baik juga terletak pada tentang bagaimana cara yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Kasus tidak efektifnya pelayan kesehatan banyak terjadi di masyarakat, mulai dari lambatnya pelayanan rumah sakit, mal praktek, sampai pada masalah yang paling banyak di temukan  dan sering terjadi yaitu proses antrian yang harus dilakukan oleh calon pasien yang akan berobat ke dokter umum atau spesialis.

Penerapan model pengambilan nomor antrian berbasis sistem informasi dan SMS Gateway dapat meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan karena pasien yang sedang sakit tidak harus datang dan menganti, melainkan cukup dengan mengirim SMS dengan format yang telah ditentukan dan sistem akan membalas SMS tersebut secara otomatis. SMS yang dikirimkan oleh sistem berisi nomor antrian dan estimasi perkiraan waktu pada pukul berapa pasien harus ke dokter.

Dari hasil pengujian menggunakan White Box diperoleh hasil V(G) = 4 dan Cyclometic Complexity (CC)  = 4 untuk modul pengambilan nomor antrian secara otomatis dengan menggunakan SMS. Ini membuktikan bahwa alur sistem yang dibuat dapat berjalan efektif dan efisien.

Kata Kunci : Information System, System Design, SMS Gateway
Jurnal ILKOM Universitas Muslim Indonesia
2013/ Vol.5/ No.2/ 2087-1716